Demo Site

Senin, 17 Maret 2014

Etika Profesi Hacker dan Cracker dalam Dunia Maya

Hacker
Hacker adalah seseorang yang tertarik dan menyusup kedalam system computer dan jaringan untuk maksud mencari celah untuk kemudian memperbaiki celah yang ada agar tidak dimasuki cracker. Jika hacker menemukan lubang keamanan pada sebuah sistem, maka dia akan memberi tahukannya kepada administrator

Hacker membuat teknologi internet semakin maju karena hacker menggunakan keahliannya dalam hal komputer untuk melihat, menemukan dan memperbaiki kelemahan sistem keamanan dalam sebuah sistem komputer ataupun dalam sebuah software, membuat gairah bekerja seorang administrator kembali hidup karena hacker membantu administrator untuk memperkuat jaringan mereka.


Kode Etik Hacker
1.     Mampu mengakses komputer tak terbatas dan totalitas.
2.     Memberikan informasi secara Cuma-cuma
3.     Memperluas desentralisasi dan tidak percaya pada otoritas
4.     Memakai identitas asli
5.     Mampu membuat seni keindahan dalam komputer.
6.     Kepercayaan bahwa berbagi informasi adalah suatu hal yang sangat baik dan berguna, dan sudah merupakan kewajiban (kode etik) bagi seorang hacker untuk membagi hasil penelitiannya dengan cara menulis kode yang “open-source” dan memberikan fasilitas untuk mengakses informasi tersebut dan menggunakan peralatan pendukung apabila memungkinkan.
7.     Komputer dapat mengubah hidup menjadi lebih baik.
8.     Dilakukan untuk kebenaran informasi yang harus disebar luaskan
9.     Memegang teguh komitmen tidak membela dominasi ekonomi industri software tertentu.
10.   keyakinan bahwa “system-kraking” untuk kesenangan dan eksplorasi sesuai dengan etika adalah tidak apa-apa selama seorang hacker, kraker tetap komitmen tidak mencuri, merusak dan m elanggar batas2 kerahasiaan
11.   acking adalah senjata mayoritas dalam perang melawan pelanggaran batas teknologi komputer.
12.   Baik Hacking maupun Phreaking adalah satu-satunya jalan lain untuk menyebarkan informasi pada massa agar tak gagap dalam komputer.
Cracker tidak memiliki kode etik apapun.

Aturan Main Hacker
1.     Hormati pengetahuan & kebebasan informasi di atas segalanya
2.     Memberitahukan sistem administrator Jika ditemukan celah keamanan yang bisa di pakai penyusup untuk masuk kedalam sistem komputer/jaringan
3.     Tidak mengambil keuntungan yang tidak fair
4.     Tidak mendistribusikan & mengumpulkan software bajakan.
5.     Mengetahui kemampuan sendiri dan menghindari resiko yang bodoh.
6.     Memberitahukan dan mengajarkan secara terbuka dan gratis informasi yang di dapatnya
7.     Tidah pernah melakukan hacking dengan tujuan mencari uang
8.     menutup akses kepada seseorang yang akan melakukan pengrusakan.
9.     Tidak pernah secara sengaja menghapus & merusak file di komputer yang dihack.
10.   Hormati mesin yang di hack, dan memperlakukan dia seperti mesin sendiri.
Hacker sejati akan selalu bertindak berlandaskan kode etik dan aturan main sedang cracker tidak mempunyai kode etik ataupun aturan main karena cracker sifatnya merusak.

Cracker
Bersifat merusak dan melumpuhkan keseluruhan sistem komputer, sehingga data-data pengguna jaringan rusak, hilang, ataupun berubah. Cracker menyusup kedalam sistem komputer dengan tujuan dan niat yang tidak baik untuk melakukan cracking.
Krak
1.     Memaksa masuk kedalam suatu sistem
2.     Merusak data-data pengguna
3.     Kegiatan menghilangkan copy protection
4.     Program, instruksi yang digunakan untuk menghilangkan copy protection
Kraker
1.  seseorang yang mencoba masuk kedalam suatu jaringan secara paksa dengan tujuan mengambil keuntungan, merusak, dsb.
2.     seseorang yang menghilangkan copy protection
3.     seseorang yang melakukan kegiatan “krak”
Kraking
Kegiatan membobol suatu sistem komputer dengan tujuan menggambil keuntungan merusak dan menghancurkan dengan motivasi tertentu.
Kesimpulan : Para hacker menggunakan keahliannya dalam hal komputer untuk melihat, menemukan dan memperbaiki kelemahan sistem keamanan dalam sebuah sistem komputer ataupun dalam sebuah software. Oleh karena itu, berkat para hacker-lah Internet ada dan dapat kita nikmati seperti sekarang ini, bahkan terus di perbaiki untuk menjadi sistem yang lebih baik lagi. Maka hacker dapat disebut sebagai pahlawan jaringan sedang cracker dapat disebut sebagai penjahat jaringan karena melakukan melakukan penyusupan dengan maksud menguntungkan dirinya secara personallity dengan maksud merugikan orang lain. Hacker sering disebut hacker putih (yang merupakan hacker sejati yang sifatnya membangun) dan hacker hitam (cracker yang sifatnya membongkar dan merusak).

Persamaan Hacker & Cracker
Sama-sama masuk dan menyusup dalam system komputer dan jaringan

Perbedaan Hacker & Cracker
a. Hacker 
1. Mempunyai kemampuan menganalisa kelemahan suatu sistem atau situs. Sebagai contoh : jika seorang hacker mencoba menguji situs Yahoo! dipastikan isi situs tersebut tak akan berantakan dan mengganggu yang lain. Biasanya hacker melaporkan kejadian ini untuk diperbaiki menjadi sempurna.
2. Hacker mempunyai etika serta kreatif dalam merancang suatu program yang berguna bagi siapa saja.
3. Seorang Hacker tidak pelit membagi ilmunya kepada orang-orang yang serius atas nama ilmu pengetahuan dan kebaikan.
b. Cracker
1.     Mampu membuat suatu program bagi kepentingan dirinya sendiri dan bersifat destruktif atau merusak dan menjadikannya suatu keuntungan. Sebagia contoh : Virus, Pencurian Kartu Kredit, Kode Warez, Pembobolan Rekening Bank, Pencurian Password E-mail/Web Server.
2.     Bisa berdiri sendiri atau berkelompok dalam bertindak.
3.     Mempunyai situs atau channel dalam IRC yang tersembunyi, hanya orang-orang tertentu yang bisa mengaksesnya.
4.     empunyai IP yang tidak bisa dilacak.
5.     asus yang paling sering ialah Carding yaitu Pencurian Kartu Kredit, kemudian pembobolan situs dan mengubah segala isinya menjadi berantakan. Sebagai contoh : Yahoo! pernah mengalami kejadian seperti ini sehingga tidak bisa diakses dalam waktu yang lama, kasus clickBCA.com yang paling hangat dibicarakan tahun 2001 lalu.

SPAM
Spam adalah email-email sampah yang masuk kedalam email seseorang dengan tujuan menawarkan produk yang di jualnya atau informasi lain yang tidak berguna bagi penerima.
Para spamers mendapatkan alamat email seseorang yang akan dikiriminya spam lewat mesin pencari seperti google.
Didalam email spam, biasanya ada sebuah link, denga meng klik link tersebut, berarti menginformasikan kepada spamers bahwa kita telah membaca email spam dan meminta email spam lebih banyak lagi.

SPYWARE
Adalah semacam prorgram tersembunyi yang terinstal pada komputer kita pada saat kita mendownload software tertentu atau meng klik link tertentu.
Spyware tidah hanya mengirim info tersembunyi saja, tapi juga menginstalkan suatu program/trojan yang dapat memata-matai aktifitas pengguda pada saat menggunakan internet.
Spyware juga mengirimkan banyak iklan yang mengganggu dan dapat menyebabkan pemborosan bandwidth dan merampas privasi pengguna.


Sumber : http://kaozumi.wordpress.com/tugas-kuliah/tugas-3-etika-profesi/

0 komentar:

Poskan Komentar

UNTUK PASANG IKLAN HUBUNGI :
E-MAIL : AGUNG.HIDAYATULLOH@GMAIL.COM
UNTUK PASANG IKLAN HUBUNGI :
E-MAIL : AGUNG.HIDAYATULLOH@GMAIL.COM
UNTUK PASANG IKLAN HUBUNGI :
E-MAIL : AGUNG.HIDAYATULLOH@GMAIL.COM