Demo Site

Sabtu, 27 Oktober 2012

Tata cara penulisan blog yang baik dan benar

Pada perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini, masyarakat tak luput dari penggunaan Internet setiap harinya bisa mencapai 24 jam dalam sehari. Penggunaan jaringan Internet ini memiliki bermacam - macam fungsi diantaranya sebagai sumber informasi, sumber untuk mendapatkan uang, menuangkan inspirasi berupa tulisan dan masih banyak lagi yang lainnya.
Pada tulisan ini saya akan membahas mengenai cara penulisan blog yang baik, tema ini saya pilih karena sebagai tugas dari Dosen Mata Kuliah Bahasa Indonesia 1dan juga akibat dari masih banyaknya blog - blog yang kurang baik dalam penulisan atau pun dalam hal tampilan.
Blog sendiri merupakan singkatan dari web blog yaitu aplikasi webyang menyerupai tulisan - tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum (sumber: wikipedia). Blog ini bermanfaat untuk menuangkan inspirasi seseorang sehingga hasil tulisannya dapat memberikan informasi kepada orang lain, serta bagi si pembaca dapat pula mengomentari isi tulisan dari blog tersebut.
Maka menurut pendapat saya berikut ini adalah 7 (tujuh) Hal Utama yang harus di perhatikan dalam Penulisan Blog yang Baik dan Benar :
  1. Wawasan yang Luas = Memiliki wawasan yang luas membuat kita lebih mudah dan tidak kesulitan dalam membuat suatu kata atau pun kalimat.
  2. Banyak Membaca = Membaca adalah modal utama bagi seseorang yang ingin dan hobi dalam membuat karya tulis.
  3. Sering Menulis = Seseorang akan mudah dalam membuat suatu tulisan baik tulisan yang bersifat khusus atau umum sehingga kebiasaan ini akan membantu kita dalam penulisan suatu blog yang menarik atau pun tugas - tugas dalam pembuatan karya ilmiah, makalah dan lain sebagainya.
  4. Penggunaan Tata Penulisan Bahasa yang Baik dan Benar = Tata bahasa dalam penulisan tentunya sangat penting dalam penulisan suatu blog atau pun tulisan - tulisan lainnya agar mudah di pahami oleh pembaca. Sejak kita menginjak bangku pendidikan tentu kita telah di ajarkan bagaimana tata penulisan bahasa yang benar seperti penggunaan kata dasar, kata turunan, imbuhan, kata ulang dan kata ganti serta lain sebagainya.
  5. Pemilihan Kata yang Sopan = Penggunaan kata yang sopan juga merupakan hal utama yang akan menarik minat para pembaca untuk berkunjung dan membaca tulisan dari blog kita.
  6. Penggunaan Kata/Kalimat yang Umum = Penggunaan kata/kalimat yang umum ini adalah pemilihan kata yang tidak bertele - tele atau tidak terlalu baku, gunakan kata atau kalimat yang umum dan sering di dengar oleh masyarakat umumnya. Hal ini dikarenakan lebih banyak pembaca yang menyukai kata/kalimat yang sederhana agar mereka dengan mudah langsung memahami isi dari tulisan yang dibacanya.
  7. Bentuk Tulisan yang Menarik = Pemilihan bentuk tulisan yang ada dalam pengaturan desain pada blog juga dapat membuat pembaca tertarik untuk mengunjungi blog kita dan dapat pula ditambah dengan menyisipkan gambar.
Sumber : http://blogemaildalova.blogspot.com/2012/10/cara-penulisan-blog-yang-baik.html



0 komentar:

Poskan Komentar

UNTUK PASANG IKLAN HUBUNGI :
E-MAIL : AGUNG.HIDAYATULLOH@GMAIL.COM
UNTUK PASANG IKLAN HUBUNGI :
E-MAIL : AGUNG.HIDAYATULLOH@GMAIL.COM
UNTUK PASANG IKLAN HUBUNGI :
E-MAIL : AGUNG.HIDAYATULLOH@GMAIL.COM