Demo Site

Sabtu, 27 Oktober 2012

Penemuan-penemuan kecil yang berdampak besar


Penemu layang-layang
Catatan pertama yang menyebutkan permainan layang-layang adalah dokumen dari Cina sekitar 2500 Sebelum Masehi. Penemuan sebuah lukisan gua di Pulau Muna, Sulawesi Tenggara, pada awal abad ke-21 yang memberikan kesan orang bermain layang-layang menimbulkan spekulasi mengenai tradisi yang berumur lebih dari itu di kawasan Nusantara. Diduga terjadi perkembangan yang saling bebas antara tradisi di Cina dan di Nusantara karena di Nusantara banyak ditemukan bentuk-bentuk primitif layang-layang yang terbuat dari daun-daunan. Di kawasan Nusantara sendiri catatan pertama mengenai layang-layang adalah dari Sejarah Melayu (Sulalatus Salatin) (abad ke-17) yang menceritakan suatu festival layang-layang yang diikuti oleh seorang pembesar kerajaan.


Penemu peniti
Orang-orang di zaman pertengahan merapatkan pakaian mereka dengan peniti berbagai bentuk. Namun baru tahun 1849 peniti modern dikembangkan. Peniti modern dikembangkan oleh Walter Hunt dari New York supaya bisa membayar hutangnya sebesar 15 dolar. Dia hanya perlu waktu tiga jam untuk mendapatkan ide.



penemu kunci
kunci pertama ditemukan 4000 tahun yang lalu oleh bangsa China, tapi bangsa Mesir kuno juga sudah mempunyai kunci yang rumit. Kunci masa itu bentuknya besar dan biasanya memiliki gerendel besar yang dimasukan ke dalam lubang dengan kunci besar.

penemu toilet berpenyiram
bangsa romawi, mesir, dan yunani kuno semuanya mempunyai toilet dengan sistem penyiram, tapi sampai zaman pertengahan toilet itu terlupakan. toilet modern berpenyiram pertama dirancang oleh Sir John Harrington tahun 1589. Semula hanya dua yang dibuat, satu untuk rumahnya sendiri dan satu untuk ibu baptisnya, Ratu Elizabeth I.


penemu korek api
korek api ditemukan tanpa sengaja. ahli kimia John Walker sedang mengaduk beberapa zat kimia dengan tongkat dan sebagian campuran melekat dikayu. dia mencoba melepaskannya dengan menggores dilantai batu dan kayu itu segera menyala. ahli kimia itu menyadari pentingnya penemuannya dan segera membuat korek untuk dijual ditokonya. orang yang pertama membelinya adalah pengumpul derma bernama Mr.Nixon. dia membeli satu kotak korek pada 7 april 1827


Penemu cermin
ada beberapa bukti penggunaan cermin oleh orang yunani dan romawi kuno. yang tertua berasal dari tahun 400 SM dan terbuat dari perunggu yang sangat mengkilap. baru pada abad ke -16, ketika bangsa venesia menemukan cara membuat kaca yang memberi pantulan termirip, cermin dari kaca mulai populer.



Sumber : http://www.ceriwis.org/lounge/20634-penemuan-penemuan-kecil-yang-berdampak-besar.html

0 komentar:

Poskan Komentar

UNTUK PASANG IKLAN HUBUNGI :
E-MAIL : AGUNG.HIDAYATULLOH@GMAIL.COM
UNTUK PASANG IKLAN HUBUNGI :
E-MAIL : AGUNG.HIDAYATULLOH@GMAIL.COM
UNTUK PASANG IKLAN HUBUNGI :
E-MAIL : AGUNG.HIDAYATULLOH@GMAIL.COM